Aku Bangga Menjadi Mahasiswa STKIP NU Kabupaten Tegal

pers kampus

Aku bangga menjadi mahasiswa, itu adalah kata-kata pertama yang terucap setelah beberapa tahun penantianku terwujud ketika benar-benar resmi menyandang status sebagai mahasiswa. Mungkin apresiasi kepada diri sendiri ini sedikit berlebihan, karena kesadaran diri dari mana aku berasal. Aku hanya seorang anak yang terlahir dari lingkungan keluarga sederhana, dalam benakku tidak mungkin dapat mengenyam pendidikan sampai kejenjang perguruan tinggi, apalagi enam saudaraku hanya mampu mengenyam bangku pendidikan sampai ke jenjang SLTA.

“Membuka pikiran akan mengubah kehidupan” (open your mind to change your life). Inilah kata-kata bijak yang menjadi renungan bagiku untuk melakukan perubahan, baik diri sendiri, keluarga maupun pada lingkungan sosial yang lebih baik. Prinsip ini menjadi motivasi yang akan aku bawa sampai kelak harapanku tercapai, harapan yang tidak mudah dicapai tanpa adanya kerja keras. Tentunya dorongan dari semua pihak terutama dari keluarga akan sangat membantu demi tercapainya cita-cita tersebut.

Menjadi mahasiswa berkualitas adalah harapan bagi kebanyakan orang yang diyakini dapat mempermudah  untuk memperoleh kesuksesan dikehidupan mendatang. Bukan tanpa rintangan, kesuksesan tersebut bisa diraih ketika dari awal diri kita belajar dan mampu untuk menciptakan sebuah karya. Mahasiswa dituntut untuk tidak terlena dan terhanyut dalam mimpi, tidak ada suatu kehidupan yang tidak mengalami suatu rintangan, justru dengan rintangan itulah kemudian kita terlatih menjadi manusia yang dewasa.

STKIP NU Kabupaten Tegal adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi kebanggaan dan tempat perjuanganku demi meraih cita. Bagiku, kesuksesan itu tidak cukup dengan kemampuan meraih Ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia kampus tanpa diimbangi dengan nilai-nilai akhlak. Wajar jika rasa percayaku sangat besar terhadadap kampus ini, karena STKIP NU Kabupaten Tegal merupakan kampus yang berada dibawah naungan PCNU Kabupaten Tegal yang sangat memperhatikan integrasi antara Ilmu pengetahuan dan teknologi dangan akhlak.

Aku sendiri percaya akhlak lah sesungguhnya yang dapat menghiasi keberhasilan pendidikan, sebagaimana visi dan misi yang didengungkan kampus ini yaitu “Menjadi Sekolah Tinggi Pendidikan unggulan di tahun 2025 yang berbasis nilai-nilai Islam Ahlussunah wal Jama’ah”. Ini artinya PC NU Kab. Tegal melalui STKIP NU Kabupaten Tegal mempunyai komitmen tinggi dibidang pendidikan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia berkualitas yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to do (belajar untuk berbuat),  learning to be (belajar untuk menciptakan), dan learning to live together (belajar untuk hidup), adalah empat pilar pendidikan menurut UNESCO yang menggabungkan Kecerdasan Intelektual-IQ (Intelctual quotient), Kecerdasan Emosiaonal-EQ (emotional quotient) dan Kecerdasan Spiritual-SQ (spiritual quotient).

STKIP NU Kabupaten Tegal melalui visi misinya berupaya untuk menciptakan profil SDM termasuk sebagaimana empat pilar pendidikan menurut UNESCO, sehingga SDM yang diciptakan mampu hidup dalam persaingan dunia global, dan di era industri 4.0 ini.

Keyakinanku sangat mendasar ketika STKIP NU Kabupaten Tegal mempunyai tujuan terselenggaranya pendidikan yang bermutu dengan menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif. Hal itu menjadi pemantik semangat bagiku untuk menjadi mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi secara konkrit guna ikut memajukan nama kampus yang hasilnya dapat mengangkat harkat dan martabat baik diri sendiri, keluarga maupun lingkungan masyarakat.

Harapanku selama menempuh pendidikan di STKIP NU Kabupaten Tegal adalah mendapatkan pembelajaran yang tepat serta pengembangan diri yang mampu menjadi bekal kelak setelah lulus untuk menjadi manusia yang berkualitas, tentunya dengan landasan yang kuat antara Ilmu dan Akhlak.

Annisa Nurlaela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *