Sejarah PKPT IPNU IPPNU STKIP NU Tegal

pers kampus

Sejarah Pimpinan Komisirat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal yang selanjutnya disebut dengan PKPT IPNU-IPPNU STKIP NU Kabupaten Tegal  terbentuk pada tahun 2017. Organisasi ini mengemban  amanah dalam menjaga marwah Faham Ahlusunah Wal Jama’ah An-Nahdliyyah di STKIP NU Kabupaten Tegal . PKPT IPNU IPPNU STKIPNU Kabupaten Tegal merupakan organisasi pertama IPNU-IPPNU di Pergruan Tinggi yang didirikan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal melalui Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal, yang menaungi warga Nahdliyyin di kalangan kampus di kabupaten tegal.

                Berdirinya PKPT IPNU-IPPNU STKIP NU Kabupaten Tegal  tidak lepas dari dukungan berbagai pihak khususnya Pengurus Cabang Nahdlatul ulama (PC NU). Dengan dorongan yang begitu kuat, maka pada lahir tahun 2017 tepatnya tanggal 9 desember terbentuknya PKPT IPNU IPPNU STKIPNU TEGAL yang difasilitasi Pengurus Nahdlatul ulama kabupten tegal bekerjasama dengan Badan Eksekutif(BEM)STKIPNU TEGAL.

                Pada bulan maret tanggal 20 tanun 2018 dilantiknya pengurus awal PKPT IPNU-IPPNU STKIP NU Kabupaten Tegal  menandai berdirinya ini dinahkodai rekan soleh marzuki dan rekanita Alica Nurseha yang kemudian berahir pada tahun 2019. Selanjutnya pada tanggal 31 Mei 2019 terpilih kepengurusan baru Periode 2019-2020 yang dipimpin oleh Muhammad Solekhudin dan Milkhatin Nisa terpilih secara aklamasi seagai ketua PKPT IPNU-IPPNU STKIP NU Kabupaten Tegal.

                PKPT IPNU-IPPNU STKIP NU Kabupaten Tegal di bentuk oleh Badan Ekslusif Mahasiswa yang saat itu dipimpin oleh Bagus Fatkhuroji memiliki program kerja untuk mewadahi dan membina mahasiswa terhadap ajaran Aswaja An-Nahdiliyah. Bukan tanpa kendala pendirian PKPT IPNU-IPPNU STKIP NU Kabupaten Tegal mendapat kritikan dari beberapa pihak yang menginginkan terbentuknya organisasi lain.Tetapi dengan penuh keyakinan, PKPT IPNU-IPPNU STKIP NU Kabupaten Tegal Akhirnya dapat eksis berdiri tegak sampai sekarang.

                Perkembangan roda organisasi PKPT IPNU-IPPNU secara resmi telah disahkan pada event organisasi tingkat pusat yaitu Kongres  PP IPPNU ke XVI di Palembang Sumatra Selatan tahun 2012 yang telah memutuskan berdirinya PKPT IPPNU menjadi Banom Otonom resmi Nahdlatul Ulama, dengan kedudukan PKPT IPPNU dalam peraturan organisasi IPPNU setara dengan pimpinan anak cabang(PAC. Selanjutnya legalitas PKPT IPNU resmi disahkan pada Kongres PP IPNU yang ke XVII di asrama Haji Donohudin Boyolali Jawa Tengah tahun 2015.

                Atas dasar legalitas tersebut, PKPT IPNU IPPNU STKIPNU TEGAL memiliki komitmen untuk menciptakan kader NU yang loyal dan penuh dengan keyakinan menuju generasi aktif, kreatif dan produktif.

(Sinta Nurjanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *