Pendidikan Ekonomi

P

rodi Pendidikan Ekonomi atau yang disingkat PE ini tidak hanya mengacu pada sisi letak Ekonomi dalam Pendidikannya saja tetapi PE juga mempelajari tentang Bisnis, akuntansi, Pendidikan Pancasila dan juga matematika. Jadi, prodi ini tidak bisa disamakan dengan prodi Ekonomi lainnya. Ilmu Ekonomi murni adalah konsentrasi pada Sosial Ekonomi, tetapi tidak untuk Pendidikan, sedangkan prodi Pendidikan Ekonomi mempelajari dua aspek yaitu pendidikan dan ekonomi. Maka dari itu luar biasa prodi Pendidikan Ekonomi ini karena prodi ini mencangkup semua yang dipelajari pada prodi Ekonomi lain, dan di masa depannya nanti para lulusan dari Pendidikan Ekonomi  ini bisa bekerja pada sisi Ekonom, dan Pendidik. Mahasiswa dari PE juga terkonsentrasi untuk menjadi wirausahawan nantinya, karena mahasiswanya mempelajari cara berbisnis dari tingkat pemula sampai ketingkat yang lebih rinci lagi.

       Prodi S1 Pendidikan Ekonomi STKIP NU Kabupaten Tegal ini merupakan Prodi yang banyak diminati selain karena peluang kerja yang menjanjikan, Prodi ini juga dapat menghasilkan lulusan yang nantinya akan mampu masuk kedalam dua bidang yaitu pendidikan dan ekonomi. Abdul Wakhid, S.E., M.Pd. selaku ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Pendidikan Ekonomi STKIP NU Kabupaten Tegal menuturkan, Pendidikan Ekonomi merupakan cikal bakal lahirnya para ekonom muda yang berbasis pendidikan atau pendidik yang berbasis ekonom.

                Pendidikan Ekonomi ini juga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul bukan hanya di dunia bisnis tetapi juga di dunia pendidikan”. Beliau juga berharap untuk Prodi S1 Pendidikan Ekonomi ini, “ saya sangat berharap kelak lulusan Pendidikan Ekonomi STKIP NU mampu menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul di bidangnya, dan mampu menguasai ekonomi secara menyeluruh”. Lanjut Beliau saat diwawancarai di Ruang Dosen STKIP NU Kabupaten Tegal.

Konsentrasi Prodi Pendidikan ekonomi juga elakukan review dari konsep kewirausahaan bagi para mahasiswa agar terjadi penguatan “perspektif makna” tentang kewirausahaan yang diadaptasi dari dasar pendidikan dalam pengelolaan usaha jasa dan produk

       Pada dasarnya dengan didirikannya prodi S1 Pendidikan Ekonomi ini, STKIP NU berharap lulusannya nanti mampu menjadi seorang ekonom yang profesional dibidang bisnis dan mampu menjadi tenaga pendidik yang selanjutnya akan melahirkan cikal bakal hadirnya SDM yang berkualitas di bidang Ekonomi dan Pendidikan.